Google

Pengalaman Bersama TUHAN

~ Yohanes 2:1-2 ~

Pesta perkawinan di Kana ini disebutkan terjadi pada hari ketiga. Yang dimaksud dengan hari ketiga ialah 3 hari setelah Yesus dibaptis. Pembaptisan Yesus tidak untuk menyatakan pertobatan-Nya, karena Ia adalah Pribadi kedua dari Allah Tritunggal, sehingga tidak ada sesuatu yang kurang atau salah dalam diri-Nya. Pembaptisan Yesus adalah teladan bagi kita & tanda untuk memulai pelayanan-Nya di Israel, seperti yang disebutkan oleh Yohanes Pembaptis dalam Yohanes 1:31, "... supaya Ia dinyatakan kepada Israel." Bagi murid2-Nya, ini adalah 2 hari setelah mereka menyatakan diri untuk mengikut Yesus.

Yesus & murid2-Nya datang ke pesta perkawinan di Kana tersebut. Yesus membuat mujizat mengubah air menjadi anggur. Peristiwa mujizat air menjadi anggur ini menjadi sangat menarik jika dikaitkan dengan unsur waktu. Seperti disebutkan di atas bahwa peristiwa ini terjadi 3 hari setelah Yesus dibaptis & 2 hari setelah murid2 memutuskan untuk mengikut-Nya. Dalam waktu 3 hari setelah tanda untuk memulai pelayanan itu diterima, Yesus sudah melakukan mujizat.
Jika dikaitkan dengan Yesus, hal ini tidaklah mengherankan, karena Ia sudah pasti sanggup melakukan apa saja yang sesuai dengan kehendak Bapa.
Jika dikaitkan dengan murid2-Nya, maka hal ini adalah suatu pengalaman yang luar biasa. Baru 2 hari mengikut Yesus, mereka sudah melihat satu perbuatan besar yang dilakukan oleh Guru mereka. Selama 2 hari perjalanan bersama Yesus. Peristiwa ini merupakan pengalaman pertama di mana mereka melihat hal besar yang diperbuat Yesus.
Peristiwa ini merupakan awal dari penggenapan perkataan Yesus sebelumnya yg ditulis dalam Yohanes 1:50, "... Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar daripada itu." Setelah 400 tahun "masa diam" di mana Allah tidak berfirman & tidak melakukan perbuatan2 yang ajaib bagi bangsa Israel, maka peristiwa ini menandai keterlibatan Allah secara langsung dalam sejarah bangsa Israel, bahkan sejarah dunia. Memang Yohanes Pembaptis sudah memperdengarkan suara Allah, tapi kehadiran Yesus lebih lagi.

Peristiwa ini memang terjadi saat Yesus hadir di dunia ini secara jasmani, tapi perbuatan-Nya yang besar bisa juga terjadi sekarang. Berapa lama kita sudah mengikut Yesus?
Sudahkah kita melihat dan merasakan perbuatan2-Nya yang ajaib?
Mungkin ada beberapa dari kita yang tidak melihat & merasakan perbuatan2-Nya yang ajaib, mengapa hal itu bisa terjadi? Itu karena kita jauh dari Tuhan.
Hal ini kiranya mendorong kita untuk lebih dekat lagi kepada-Nya, sehingga kita dapat melihat dan merasakan segala perbuatan-Nya yang dahsyat mulai dari awal tahun 2011 bahkan sepanjang tahun 2011 mendatang.

(Sumber: RH Manna Sorgawi)

IMMANUEL ... ♥

Tidak ada komentar: