Google

Memprediksi Masa Depan

~ Galatia 6:8 ~
Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam Roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu.


Ellen Key, seorang ilmuwan komputer berkata: "The best way to predict your future is to invent it." Cara terbaik memprediksi masa depan Anda adalah dengan menciptakan masa depan itu. Dengan melihat apa yg saat ini terjadi & akan terus terjadi, kita akan bisa memprediksi masa depan kita. Contoh sederhana, jangan kaget tiba2 paru2 kita kronis di lima tahun mendatang kalau merokok menjadi agenda wajib kita setiap hari. Kita pun tidak perlu terkejut kalau di masa depan kita tidak punya tabungan, kalau saat ini gaya hidup kita sangat boros. Prinsip yg sama juga berlaku untuk hal yg positif. Kalau kita ingin menjadi pebisnis yg handal satu hari nanti, kita bisa mewujudkannya dimulai dari tindakan yg kita lakukan hari ini. Nilai2 apa yg kita tambah dalam meningkatkan kualitas kita dalam ilmu bisnis, misalnya.

Ellen benar, dengan apa yg kita bangun dalam keseharian kita, kita bisa memprediksi ada di mana diri kita suatu hari nanti. Alkitab sendiri memberikan contoh yg gamblang tentang kasus ini. Satu kebiasaan yg berbuah di masa depan. Daud tidak tiba2 saja membunuh Uria. Tapi, semua dimulai jauh sebelum hal itu terjadi. Daud tidak menepis dorongan nafsunya ketika godaan datang. Semua dimulai dari benih kotor yg tertanam ketika terpikat dengan istri Uria. Bukannya membuang jauh2 pikiran jahatnya, Daud justru membiarkan nafsu itu mengisi hari2nya. Kita semua tahu, kisah selanjutnya. Menuruti godaan dosa membuat Daud rugi sendiri.

John C. Maxwell mengatakan, kecuali kita berubah sekarang, segala sesuatu tidak akan berubah. Jadi, jika di tahun ini atau dari tahun2 sebelumnya cara hidup kita masih cenderung negatif, untuk di tahun mendatang marilah kita mulai mencoba memilah, mana kebiasaan yg seharusnya kita hentikan, dan mana kebiasaan yg justru harus kita kembangkan. Dengan demikian kita sudah bisa memperkirakan, buah apa yg akan kita nikmati di masa depan.

Tidak ada komentar: